Senin, 23 Juni 2014

Air Terjun Ponot Potensi Alam yang Terabaikan

KISARAN|SUMUT24

Berada di Kabupaten Asahan, kita akan menemukan banyak objek wisata yang indah. Salah satunya adalh Air Terjun Ponot , yang lokasinya tepat di jantung Kabupaten Asahan. Namun potensi alam yang mempesona ini kurang mendapat perhatian dari pemerintah setempat.

Air Terjun Ponot berjarak kurang lebih 100 km dari kota Kisaran, tepatnya di Desa Tangga, Kecamatan Aek Songsongan. Untuk mencapai lokasi tujuan, bisa ditempuh dari tiga kota di Sumatera Utara, yang pertama bisa ditempuh dari kota Porsea di kabupaten Tobasa, yang kedua dari kota Pematang Siantar di kabupaten Simalungun, dan yang terakhir dari kota Rantau Parapat.

Lokasi objek wisata ini jadi primadona bagi wisatawan lokal yang berkantong pas-pasan, pasalnya harga yang ditawarkan pengelola cukup terjangkau bagi wisatawan yang menggunakan sepeda motor hanya dikenakan biaya Rp5.000, begitupun dengan wisatawan yang tidak memiliki kendaraan juga dikenakan Rp5.000, sedangkan yang mengendarai mobil hanya dikenakan Rp10.000 saja.

Objek wisata yang ditawarkan juga sangat menggiurkan, seperti layaknya wisata alam lainnya. Air terjun Ponot menyuguhkan kehindahan alam nan eksotis dengan ketinggian air terjun 250m dan dengan air yang jernih berada di tebing yang terjal dengan tiga tingkatan.

Tapi sungguh disayangkan objek wisata ini masih memiliki kekurangan disana-sini terlihat belum adanya tempat penginapan dan akses jalan juga belum begitu baik. 



Kepala Desa Tangga Kecamatan Aek Songsongan Muslim Siahaan juga mengakui bahwa objek wisata yang berada di wilayahnya tersebut sekarang memiliki banyak kekurangan dikarenakan terbentur biaya dan dirinya juga sangat mengharapkan adanya perhatian dari pemerintah setempat karena objek wisata tersebut merupakan salah satu sumber pendapatan asli daerah. 



“ Agar objek wisata ini dapat lebih baik lagi, tentunya kami sangat mengharapkan uluran tangan dari pemerintah setempat, untuk memperhatikannya, “ungkapnya saat ditemui SUMUT24, Senin (23/6).

Air Terjun Ponot adalah salah satu dari begitu banyak air terjun yang terdapat di Kabupaten Asahan. Sumber air dari Air Terjun Ponot adalah berasal dari sungai Asahan. Keunikan lain dari air terjun ini adalah terdapat jembantan gantung yang unik. Pemandangannya indah dan asri dibalik tirai airnya. Derasnya air yang jatuh, membuat kita harus berhati-hati.




Rini bidan Aeksongsongan yang ditemui SUMUT24, Senin (23/6) menyebutkan, akses jalan menuju air terjun tidak terlalu sulit, namun kondisi jalan yang tidak ‘mulus serta bebatuan membuat air terjun ini jarang dikunjungi para wisatawan. 



Hanya Jalan Lintas Sumatera dan beberapa titik saja yang telah diaspal, selebihnya hanya pengerasan seadanya. “ kedepanya kita berharap kepada pemkab asahan agar pariwisata hendaknya di kembangkan lebih signifikan,”ungkapnya sembari mengatakan sebagian besar perjalanan menuju Air Terjun Ponot akan melintasi perkebunan kelapa sawit. (Dir/Her)


Edisi 648 Tahun III | Selasa, 24 Juni 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar