Kamis, 19 Juni 2014

SMK Tamansiswa Sukadamai Fokus Pada Masalah Kedisiplinan

Harian Sumut24
Halaman 9 | Asahan24

Edisi 645 Tahun ke III
Jumat, 20 Juni 2014

Masalah disiplin saat ini sudah selalu menjadi perhatian yang serius di SMK Tamansiswa Sukadamai. Karena bagi SMK swasta yang beralamat di jalan Protokol Desa Perhutaan Silau, Kecamatan Pulo Bandring ini, disiplin merupakan langkah pertama dalam memajukan sekolah, agar mutu pendidikan khususnya, siswa-siswi lebih baik.

"Disiplin adalah proses menjadikan siswa-siswi yang menimba pendidikan di SMK untuk menjadi bermutu," ujar Ki Masy Aril Syah Hasibuan SPd, Kepala SMK Tamansiswa Sukadamai saat ditemui Sumut24, Kamis (19/6).

Menurut Masy Aril Syah, dalam peningkatan disiplin ini, pihaknya memulai sesuatunya dengan mendisplinkan siswa-siswinya. Pertama, mulai mengawasi siswa-siswi yang terlambat masuk. Disini, siswa-siswi masuk dan mulai proses belajar mengajar di kelas sekitar pukul 13.30 WIB sampai pukul 18.00 WIB. "Kita pantau setiap hari siswa-siswi yang terlambat masuk. Dan yang terlambat diberi sanksi," jelasnya.

Kemudian peningkatan disiplin kedua, siswa-siswi akan dicek kerapian berpakaiannya. Karena, kebersihan sebagian dari iman. Nah, perilaku rapi dalam berpakaian ini merupakan modal SMK Tamansiswa Sukadamai, agar menjadi yang terbaik. "Jika siswa-siswi di SMK Tamansiswa Sukadamai pakaiannya sudah rapi, maka dilihat oleh orangtua dan masyarakat sekitar bahwa, SMK Tamansiswa Sukadamai kita benar-benar mendidik mereka," ujarnya.

Dan yang ketiga, disiplin para pamong (guru) dalam mengajar. Guru memegang peran penting dalam kesuksesan siswa-siswinya. Jika, guru dalam menjalankan tugas mereka tidak sesuai dengan aturan, maka hal ini sudah jelas akan berimbas kepada merosotnya mutu pendidikan itu sendiri.

"Saya berharap, semua guru di SMK Tamansiswa Sukadamai ini dapat menjalankan tugasnya sebagai guru dengan baik. Terutama disiplin mengajar dan tepat waktu masuk kelas," harapnya.

Dikatakannya, saat ini SMK Tamansiswa Sukadamai memiliki tiga program studi yakni jurusan Akutansi, rekayasa perangkat lunak (RPL) dan teknik sepeda motor (TSM).

“ Melihat peluang yang sangat bagus untuk siswa/I yang ingin melanjutkan ke dunia kerja bila telah menamatkan pendidikannya di sekolah, SMK Tamansiswa Sukadamai saat ini memiliki tiga jurusan yang masing-masing dilengkapi sarana dan prasarana yang memadai,” pungkasnya. (Her)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar